Kamis, 17 Februari 2011

Harmonisnya hubungan sebuah keluarga selalu muncul dari keakraban masing-masing anggota keluarga. Ini bisa terjadi jika mereka mampu menciptakan suatu hubungan yang baik dan teratur. Terutama sekali hubungan ayah, ibu serta anaknya.
Bila dalam keluarga bisa terjadi jalinan hubungan yang harmonis, maka anak akan lebih mudah untuk tumbuh secara wajar dan sehat baik secara kejiwaan maupun fisik. Jadi menjaga keharmonisan

keluarga itu merupakan hal yang mutlak dilakukan demi menciptakan sebuah keluarga yang sejahtera dan nyaman.
Mencegah Terjadinya Perpecahan Keluarga
Pepecahan atau kurang harmonisnya hubungan dalam keluarga banyak terjadi terutama bagi mereka yang tinggal di kota besar. Kenapa itu bisa terjadi? karena tuntutan materi serta ekonomi disana lebih komplek dan juga lebih banyak.
Komunikasi menjadi macet dan hubungan antar keluarga menjadi renggang. Kemudian jiwa anak menjadi terganggu. Bila mereka punya suatu masalah, tidak ada tempat untuk mengadu atau minta pertolongan untuk menyelesaikan problem yang dihadapi. Anak akan mencari penyelesaian dengan caranya sendiri.
Semua masalah ini bisa dihindari jika masing-masing anggota bisa mengerti dan memahami tanggung jawabnya masing-masing. Ayah harus bisa bekerja untuk memperoleh penghasilan yang cukup bagi semua anggota keluarganya. Ibu mampu menjaga keseimbangan antara pekerjaan di kantor dan urusan rumah tangga, terutama dalam hal pengasuhan dan pendidikan anak.
Meski bekerja, ayah tetap punya tanggung jawab yang sama. Tidak bisa semua urusan rumah tangga dibebankan kepada ibu saja. Sedangkan anak juga punya kewajiban yang lain. Yaitu selalu menjaga keharmonisan keluarga dengan cara menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua. Bila punya masalah, sebaiknya konsultasikan pada mereka. Orang tua harus bisa membantu memecahkan apa yang sedang dihadapi anaknya.
Menjaga keharmonisan keluarga
Agar keharmonisan hubungan dalam keluarga tetap terjaga, maka setiap dari anggota keluarga itu harus mengerti tanggung jawab masing-masing dan mau melaksanakannya dengan baik dan konsisten. Demikian pula dengan hak yang dimiliki harus bisa diperoleh sesuai porsinya tanpa menuntut yang berlebih.
Selain itu agar bisa menjaga keharmonisan keluarga, usahakan agar tercipta suatu surga dalam rumah. Maksud surga di sini adalah segala hal yang membuat setiap anggota keluarga bisa betah untuk selalu tinggal di rumah tanpa pernah merasa bosan apalagi jenuh dan jengkel. Bila ada waktu luang pada hari libur, semua anggota keluarga bisa melakukan kegiatan yang dilakukan bersama-sama. Misalnya memasak, berkebun atau piknik ke suatu tempat dan menikmati kegembiraan seperti layaknya dengan teman sendiri.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates